Recent Posts

Thursday, August 25, 2016

7 Tokoh Ini, Berbagi Tips Menjadi Pengusaha Sukses

7 KISAH SUKSES INDONESIA
1. Joko Widodo

“YA NGGAK RUMIT-RUMIT AMAT, CINTA PADA USAHA YANG DITEKUNI, MAMPU MENANGKAP PELUANG, KONSISTEN SERTA CAKAP BERKOMUNIKASI,”

Saking seringnya tidur di pabrik Jokowi juga hampir tak pernah membimbing anak belajar atau membantu mengerjakan PR-nya. Namun bukan berarti Jokowi melepas anaknya begitu aja.Jokowi mengaku masih melakukan antar-jemput anak ke sekolah. Selama itu pula istrinya Iriana menemani dirinya jatuh bangun merintis bisnis. Jokowi pun sukses dalam berbisnis. 
1. JANGAN MEMBUNUH YANG KECIL Jokowi meminta kepada setiap entrepreneur harus bisa menjadi sinar dan cahaya bagi setiap orang di kanan kirinya, khususnya bagi pengusaha kecil. Seorang entrepreneur juga harus bisa menjadi mitra yang baik. “Saya titip, jadilah entreprenuer yang bisa kasih sinar ke pengusaha kecil. Bukan malah mencaplok, bukan malah membunuh yang kecil,
2. BERANI SPEKULASI “Kalau punya bisnis, jadilah pahlawan untuk diri sendiri. Pertarungan harus dimenangkan oleh kita. Harus punya spirit. Bisa jadi pahlawan diri sendiri, lingkungan, kota, dan negara,” Untuk memulai suatu bisnis, harus berani berspekulasi. “Tapi tetap harus ada kalkulasi. Harus dihitung,” 
3. KERJA KERAS Jokowi cukup lama memulai usahanya, bahkan hingga sembilan tahun lebih, tak menemukan keberhasilan. “Saya dulu nggak punya tempat, sewa saja masih mulai terbuat dari gedheg (anyaman bambu,)” Jokowi mengaku sering bekerja melebihi jam kerja anak buahnya. “Kalau cuma tidur pabrik itu biasa,” ujarnya. 
4. RUKUN “Kalau ada proyek yang besar, nggak bisa ditangani sendiri, konsorsium aja antar teman, yang rukun lah, kalau yang muda-muda ini nggak rukun, nggak bersatu, nggak buat konsorsium bareng-bareng, ya di ambil sama asing,” jelas Jokowi. 
5. CEK PRODUK SECARA DETIL “Saya enggak suka duduk di dalam terus nunggu laporan dan tanda tangan, kalau di lapangan kan akan lebih kebuka dan tahu bagaimana,” jelas dia. Selain itu, harus berani dan fokus. “Jangan main pindah-pindah kerja, nanti selalu mulai dengan tingkatan terendah terus tidak naik tingkat”. Yang tidak kalah pentingnya, tuturnya, perlu bersikap nekat dan tidak takut dalam mengambil sebuah keputusan dan pembaruan dalam bisnis. 
Sumber : Merdeka.com

2. Gita Wirjawan

SEBELUM SESEORANG INGIN MENJADI SEORANG PENGUSAHA, DIA HARUS BISA MELAKUKAN PEKERJAAN SEBAIK MUNGKIN

“Misalnya kalau saya disuruh ngepel dan nyapu, saya lakukan sebaik mungkin. Itu yang akan tertanam dari diri kita. Dan bisa diimplementasikan apabila menjadi seorang pengusaha,” Menurut Gita, menjadi seorang pengusaha pun perlu kegigihan dan mengambil risiko (risk taking). 
Pasalnya, belajar menjadi seorang pengusaha tidak diajarkan di sekolah melainkan harus belajar sendiri dengan mengimplementasikannya langsung di lapangan. “Pengusaha itu tidak diajarkan ke sekolah, misalnya ingin belajar berenang, ya harus nyemplung ke kolam renang, hal itu pun sama apabila ingin jadi pengusaha, harus terjun langsung. 
Kita bisa hasilkan pengusaha baru siapapun apabila ada yang berani,” jelas Gita. Menurut Gita, saat ini orang Indonesia ingin mendapatkan kemakmuran dengan pemerataan, hal ini ditandai dengan banyaknya ingin menjadi orang kaya. 
“Beberapa minggu lalu, kami melakukan polling di kantor mendag, dari 100 anak SD dengan umur delapan sampai sembilan tahun, ada lomba karikatur, saat saya tanya ada enggak yang ingin jadi menteri? Enggak ada yang tunjuk tangan, lalu yang ingin jadi Presiden? Tidak ada juga. Waktu saya tanya, siapa yang ingin menjadi orang kaya, semuanya tunjuk tangan. Indikator ini melihat bahwa masyarakat kita ingin kemakmuran dengan pemerataan,” pungkasnya. 
Sumber : JAKARTA (KRjogja.com)

3. Jusuf Kalla

MENJADI PENGUSAHA ITU SUNNAH RASUL
Muhammad Jusuf Kalla atau akrab disapa JK menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi sangat diperlukan oleh bangsa ini. Akan tetapi, pertumbuhan juga harus dibarengi dengan keadilan. Keadilan yang dimaksud JK adalah ketika pengusaha besar dan kecil sama-sama tumbuh. Selain itu, sektor-sektor ekonomi juga tumbuh secara adil, yakni bukan hanya pasar modal dan perbankan yang maju, tapi perdagangan, pertanian dan perikanan juga harus maju. menyinggung soal ekonomi syariah yang saat ini sering didengungkan.
JK mengatakan bahwa sebenarnya muamalah dalam Islam itu adalah sangat sederhana. “Islam itu paling sederhana,” kata JK, “syariah itu kan cuma tiga: akidah, ibadah dan muamalah. Kalau akidah, apa yang diperintahkan, itu laksanakan. Jangan lebih jangan kurang. 
Kalau ibadah, laksanakan apa yang diperintahkan, tapi anda bisa lebih. Kalau muamalah, itu yang paling mudah, apapun yang tidak haram, halal hukumnya. Begitu ‘kan?” JK menegaskan kalau muamalah itu bukan berarti hanya yang berbahasa Arab –lah yang syariah. 
Segala macam jual beli juga syariah. Jual pakai kuitansi dan semacamnya, itu halal semua, syariah juga. “Asal tak jual babi dan minuman keras, semua halal. Jadi tidak usah ini tidak boleh itu tidak boleh. 
Lalu apa yang boleh? Akhirnya orang lain yang kerjakan. Orang lain yang sukses. LC (letter of credit, Red) untuk ekspor impor itu juga syariah, asal tak pakai bunga,” tegas JK. Kemudian, JK juga mengutarakan pandangannya bahwa sunnah rasul itu bukan hanya soal pernikahan dan peribadatan saja. 
“Sering ada orang kalau memberi kutbah nikah bilang kalau menikah itu sunnah rasul. Tapi ketika memberi pidato tentang wirausaha, tak ada yang bilang kalau menjadi pengusaha itu juga sunnah rasul. Nabi itu pengusaha ‘kan?” 
Sumber : Muslimdaily


4. Chairul Tanjung

DI TAHUN 2013, MESKI JUMLAH KEKAYAAN CHAIRUL TANJUNG TETAP PADA NILAI 3,4 MILIAR DOLAR, NAMUN TELAH MENJADIKANNYA ORANG TERKAYA NO.3 DI INDONESIA BERSAMA DENGAN SRI PRAKASH LOHIA YANG MEMILIKI JUMLAH KEKAYAAN YANG SAMA. KEKAYAANNYA ITU JIKA DIRUPIAHKAN DENGAN KURS 10 RIBU RUPIAH SETARA DENGAN 34 TRILIUN RUPIAH.

Sukses itu adalah hak milik setiap orang. Hal ini merupakan wujud nyata dari keberhasilan Chairul Tanjung yang tidak berasal dari keluarga mampu dan berada, bahkan bisa dibilang dia berasal dari keluarga yang kekurangan. 
Suatu ketika saat dia mengetahui sang ibu menjual beberapa kain batiknya untuk biaya sekolahnya membuat dia berjanji dan berkomitmen untuk tidak membebani ibunya lagi dengan meminta uang untuk bayaran sekolahnya hingga dia lulus dan mendapat predikat dokter gigi. 
Wirausaha tanpa komitmen adalah omong kosong. Mulailah berwirausaha dari sesuatu yang bisa dipegang dan berhasil, tidak peduli berapa uang yang diperoleh karena yang penting adalah berhasil. 
Menurutnya memperoleh uang Rp.10.000 dari penghasilan pertama itu jauh lebih sulit daripada mendapat penghasilan 1 Milyar pada penghasilan kedua. Oleh sebab itulah dibutuhkan komitmen dalam berwirausaha. Networking sangat diperlukan dalam berwirausaha, tempat usaha dan tentu saja sebuah kepercayaan. Sesuatu yang terjadi di masa lalu sedikit banyak akan berpengaruh pada kehidupan di masa depan, oleh sebab itulah kita harus menghadapi proses dan kuat menghadapi tekanan. 
Organisatoris itu juga perlu karena saat kita ada dalam organisasi maka kita akan mengerti manajemen, belajar leadership dan belajar bertanggung jawab. Aktif di kegiatan sosial itu juga penting karena dengan hal ini maka kita akan menjadi pribadi yang sensitif terhadap apa yang terjadi di masyarakat, dengan demikian mudah bagi kita untuk mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Seorang pengusaha harus optimis jangan sampai pesimis, seperti kue donat optimis itu adalah kuenya sedangkan pesimis itu bolongnya jadi orang pesimis hanya akan dapat bolongnya. 

5. Arifin Panigoro


Siapa yang tidak kenal dengan tokoh terkemuka di Indonesia, Arifin Panigoro? Beliau adalah salah satu pebisnis sukses di Indonesia yang terkenal. Beliau mampu untuk membangun usaha di bidang perminyakan dan menjadikannya sebagai salah satu usaha yang sukses tidak hanya di skala lokal namun juga internasional. 
Arifin Panigoro juga terkenal sebagai simbol politik bagi para pengusaha. Dia adalah sumber inspirasi bagi banyak para pengusaha yang ada di Indonesia. Kesadaran politik tinggi yang dimilikinya menyebabkan orang-orang menyebutnya sebagai simbol tersebut. Selama karirnya, beliau selalu aktif dalam bidang politik dan juga pergerakan mahasiswa. 
Bahkan beliau juga membantu untuk menyiapkan nasi bungkus bagi para mahasiswa yang melakukan demo di Gedung DPR Senayan Jakarta tempo dulu. Arifin Panigoro adalah alumni dari ITB Bandung. ARIFIN PANIGORO MEMULAI BISNISNYA DARI NOL Tokoh terkenal ini memulai bisnisnya dari nol. Beliau tidak langsung jadi bos begitu saja saat memulai bisnisnya pertama kali.
Pada tahun 1980, beliau hanya menjadi seorang kontraktor listrik door to door. Semangat yang tidak kenal menyerah membuatnya memutuskan untuk membuka proyek lainnya, yakni proyek pemasangan pipa kecil-kecilan. Usaha tersebut, beliau tekuni dengan baik hingga akhirnya mampu menjadi usaha skala besar yang diminati oleh banyak orang dan pengusaha. Bahkan usai usaha Arifin Panigoro berjalan dengan sukses, banyak sekali pengusaha lokal dan internasional yang ingin bergabung di bisnis beliau. 
Ini menunjukan bahwa sebagai pengusaha yang sukses, Arifin Panigoro memiliki wibawa yang tinggi di mata banyak orang. Sayangnya ada beberapa permasalahan yang beliau temukan saat menjalani usaha tersebut, yakni harga dari peralatan bisnis yang beliau jalankan sangatlah mahal. Selain itu cara untuk mendapatkannya juga adalah melalui perusahaan asing.
Ini membuatnya menjadi berpikir untuk mencari solusi yang tepat. Pada saat itu pemerintah mendorongnya untuk mengikuti tender. 
Hasilnya pemerintah memanggil sebuah perusahaan asing untuk menyewa alat yang bisa digunakan Arifin Panigoro untuk memulai bisnisnya dengan baik. Beliau sempat keteteran karena proyek yang dimilikinya ditenderkan, namun beliau tidak memiliki pilihan lain. ARIFIN PANIGORO MEMILIKI PRINSIP KEMANDIRIAN YANG BESAR Keinginan beliau untuk menjadi mandiri juga sangat tinggi. Pada tahun 1990, beliau akhirnya bisa mendirikan sebuah sumur minyak yang berpusat di Kalimantan Timur. 
Sumur tersebut memiliki harga sebesar 13 juta US Dollar. Beliau tidak puas memiliki satu sumur minyak saja. Selanjutnya beliau juga membuat sumur minyak yang kedua. Inilah puncak dari prestasi gemilang yang didapatkan oleh beliau selama menjadi pengusaha. 
Pembelian Stanvac sebagai sumur minyak kedua membuat namanya kian populer. Pada saat itu saingannya sangat banyak, ada beberapa yang berasal dari negara asing pula, namun pada akhirnya sumur minyak tersebut bisa menjadi milik perusahaan beliau. Ini menunjukan bahwa tidak ada hal yang tidak mungkin untuk dicapai jika kita selalu berjuang. 

6. Dahlan Iskan

Kisah perjalanan hidup Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, rupanya cukup menarik untuk disimak menjadi sebuah inspirasi. dalam bukunya ‘Ganti Hati’ Dahlan Iskan menceritakan bahwa saat ia kecil, ia hanya memiliki satu celana pendek satu baju dan satu sarung. Mulailah Berbisnis Sejak Dini Menurut Dahlan Iskan, usia 25 tahun adalah waktu yang paling tepat untuk mulai membangun sebuah usaha. Mengapa demikian? Karena ketika seoarng pengusaha jatuh dalam bisnis, dia masih punya banyak waktu untuk bangkit kembali. 
Sedangkan pada usia 30 tahun adalah waktu yang paling pas untuk memiliki kemapanan dalam bisnis. Pada usia ini, biasanya orang telah memiliki pengalaman tentang bisnis, pernah gagal, pernah ditipu, dan lain-lain, sehingga kepribadian dan pengalaman bisnis orang tersebut sudah cukup matang.
Fokus Pada Satu Bidang Bisnis Bagi para pemula, fokus dan menekuni satu bidang bisnis sangat dianjurkan. Seseorang yang belum memiliki pengalaman yang cukup dalam banyak bidang bisnis akan lebih efektif bila dia fokus mengerjakan satu bidang bisnis saja. 
Kerja Keras Kerja keras adalah sebuah keharusan dalam membangun sebuah bisnis dan jangan terlalu memikirkan tentang banyak hal selain bekerja keras dengan sebaik-baiknya. Selain bekerja keras tentu saja harus memperhatikan kesehatan. Berani Mengambil Resiko Berani dalam mengambil keputusan walaupun beresiko. Tentu saja keputusan itu harus didasarkan pertimbangan yang baik dari seorang pebisnis. 
Seseorang yang takut mengambil resiko tidak akan dapat melihat perubahan yang baik dalam mengembangkan bisnisnya. Jadilah Pengusaha yang Cerdik Seorang pengusaha itu tidak hanya pintar melihat peluang usaha. Selain melihat peluang, pengusaha juga harus pintar dan cerdik dalam melihat jalan keluar saat dia menghadapi tantangan dan masalah yang terjadi dalam bisnisnya. Seorang Pengusaha Harus Fleksibel Memiliki sebuah harapan adalah hal yang baik, namun kita tidak perlu terlalu kaku dengan harapan karena banyak hal yang munkin terjadi di masa yang akan datang. Karena itu, seorang pengusaha harus bisa menjadi seorang yang fleksibel. 
Belajar Dari Pengalaman Ketika Tertipu “Menjadi Pengusaha Sukses Harus Pernah Ditipu Orang”. Bukan berarti Anda harus tertipu dulu baru bisa menjadi sukses. Menurut Dahlan Iskan, seseorang akan mendapat pelajaran penting ketika dia ditipu. Pelajaran penting itu adalah, dia akan tahu siapa yang bisa dipercaya dan orang seperti apa yang tidak bisa dipercaya. 
Jadikan Pertengkaran Menjadi Kekuatan Ini adalah proses menuju kematangan dan kesuksesan karena mitra bisnis tersebut kemudian akan semakin bersinergi atau mungkin menjadi terpisah, namun masing-masing kemudian akan terpacu untuk lebih sukses. Mau Berusaha Bangkit Setelah Jatuh Berbisnis itu seperti belajar naik sepeda. Orang yang belajar naik sepeda akan menuntun sepedanya, lalu menaikinya, dan mencoba mengendarainya. Sumber : zonapengusaha.com


7. Sandiaga Uno

Pengusaha Sandiaga Uno berbagi tips tentang kesuksesannya dalam berwirausaha. Menurutnya, langkah pertama yang bisa dilakukan yakni membuat visi yang baik. Dari situ, kualitas hidup yang lainnya juga harus dipergunakan. “Dalam hidup kita harus punya visi yang besar dan tiga kualitas yang kita perlukan, yaitu integritas, passion dan energi. 
Tiga hal itu harus disatukan dengan baik dengan visi tadi,” terang Sandi di acara malam inspiratif Kultum Supermentor berbagi ‘Resep Sukses, Life Skill dan Etos Kerja’ di Ballroom Djakarta Theatre, Jakarta Pusat, Jumat (25/4) malam. 
Nah jika bisnis sudah berjalan, ia juga mengingatkan seorang wirausaha harus terus membuat inovasi dan terus menggali informasi terbaru. Jika ketinggalan informasi atau tren terbaru, maka bisa jadi usaha yang telah dijalankan tidak akan berkembang. “Kita (wirausaha) itu enggak boleh EGP (emang gw pikirin), kita itu harus kepo (ingin selalu tau). Tanya sana-sini, seperti elang, dia selalu mantau keadaan sekitar, kita juga harus bisa seperti itu. 
Selalu nanya untuk menangkap peluang, banyak sekali yang kita bisa lakukan,” beber dia. Setidaknya, hal itu telah ia terapkan setiap hari, meski usahanya saat ini sudah terbilang sukses. 
Pria berusia 44 tahun ini terus memperbanyak informasi dan membaca berbagai buku. Ia paham, saat ini perkembangan informasi maupun teknologi berjalan begitu cepat. “Semangat EGP itu enggak akan bantu kita sukses. Satu jam sebelum tidur, saya sempatkan baca buku. 
Karena dunia itu cepat sekali berkembang. Kita enggak mungkin bisa bersaing kalau enggak cari tahu informasi dan perkembangan yang baru,” 

Sumber : jpnn.com

1 comments:

Lipat gandakan uang kalian bersama kami
Hanya dengan modal 20 ribu bisa jadi jutawan !!
Menghadirkan bermain game kartu online
Ayo Gabung bersama kami di DOMINOPELANGI (.)net
Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
Kami hadirkan permainan Terbaik dari DOMINO206 permainan
dalam website
Pusat Game Domino ONline Terpercaya Se-Asia
Hanya cukup menggunakan 1ID saja anda sudah bisa menikmati 8 game Populer

- Domino99
- BandarQ
- Poker
- AduQ
- Capsa Susun
- Bandar Poker
- Sakong Online
- Bandar 66

Tunggu apa lagi silahkan Registrasi diri anda bersama kami.
Dan nikmati kembali BONUS REFFERAL terbesar 15% untuk anda.
Untuk lebih informasi lebih lanjut kalian bisa langsung berdikskusi
langsung dengan CS handal.

MInimal Deposit 20rb
Minimal Witdraw 20rb

BBM : 2BE3D683 / E3EE3B63
WA : (+85587480626)
LINE : DOMINO206
IG : domino_206


Link Alternatif
WWW .DOMINOPELANGI. NET
WWW .DOMINOPELANGI. COM
WWW .PELANGIDOMINO. NET

Bank Online 24 jam (kecuali gangguan)
- BNI
- BCA
- BRI
- MANDIRI
- DANAMON

Salam Kemenangan ^_^

Post a Comment

jangan lupa di komen ya ..